Rilis Berita

Para penduduk desa merayakan pengoperasian unit-unit penyaringan air RO untuk menyediakan air bersih

Keberlanjutan dipastikan dengan cara menentukan nilai nominal untuk penggunaan air bersih.

Desa-desa di negara bagian Telengana telah merayakan kedatangan unit-unit penyaringan air reverse osmosis (RO) yang akan menyediakan air bersih bagi para penduduknya. Sistem penyaringan air RO tersebut telah disumbangkan oleh LDS Charities (LDSC), yang adalah lengan kemanusiaan dari Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir.

Sejumlah 53 dari 70 desa tersebut sekarang menggunakan sistem penyaringan air RO. Pada bulan Januari 2017, keseluruhan dari 70 desa akan memiliki unit penyaringan air RO yang sudah berfungsi.

Kegembiraan di desa-desa tersebut terdengar sesekali. Para penduduk menabuh gendang, bernyanyi, dan menyanyikan syair “Telengana” saat para perwakilan desa dan para anggota majelis legislatif (MLA) tiba pada perayaan tersebut. Para pejabat pemerintahan berterima kasih karena memiliki air bersih untuk para konstituen mereka.

Tn. Pailla Shekar Reddy, seorang anggota MLA dari Daerah Pemilihan Bongiri mengatakan, “Kami berterima kasih kepada LDS Charities [karena telah membawa] air ke desa ini.”

Setiap unit penyaringan air RO dapat melayani satu desa berpenduduk 2.500-3.000 orang. Unit-unit tersebut ditempatkan dalam bangunan yang aman yang disediakan oleh desa. Masing-masing unit akan dikelola secara mandiri. Seorang pengawas air dari warga setempat mengontrol keamanan bangunan serta memungut biaya yang sangat rendah yang dikenakan setiap 20 liter air. Biaya tersebut digunakan untuk merawat filter dari unit-unit penyaringan air RO tersebut. Filter perlu diganti setiap 6 bulan.

Keberlanjutan adalah salah satu motto LDS Charities (LDSC). Ini berarti bahwa LDSC memastikan agar setelah sarana tersebut selesai, sumber-sumber akan tersedia atau dihasilkan untuk menutupi seluruh biaya pengoperasian dan pemeliharaan.

Pers setempat meliput perayaan RO tersebut. Kalangan pers berkomentar, “LDSC melakukan kegiatan amal yang tidak dilakukan organisasi-organisasi [lain] sebelumnya.”

Para wanita setempat tidak sabar menantikan unit-unit penyaringan air RO tersebut untuk dihidupkan. Para wanita dengan gembira mengisi tempayan-tempayan air dan membawanya pulang di atas bahu ke rumah mereka. Keluarga dan anak-anak mereka menjadi lebih sehat dengan menggunakan air dari unit-unit penyaringan air RO tersebut.

Anak-anak dari sekolah ZPHS Kurella yang terletak berdekatan datang pada salah satu upacara baru-baru ini dan menyerahkan surat kepada LDSC yang memohon agar unit-unit penyaringan air RO dipasang di sekolah mereka, “Terima kasih atas pelayanan Anda [ke desa kami]. Mohon berbelas kasih untuk menyediakan tangki air di sekolah kami.”

LDSC dan Liquid Solutions, perusahaan yang merakit unit-unit penyaringan air RO tersebut telah bekerja sama tanpa kenal lelah dengan 70 desa selama hampir satu tahun. Desa-desa dan para anggota MLA mereka mengapresiasi upaya tersebut.

Nn. Gongidi Sunitha Reddy, seorang anggota MLA dari Daerah Pemilihan Alier dan Telengana WHIP mengatakan, “Anda orang-orang [LDSC] akan selalu diterima di daerah kami.”

LDSC adalah lembaga kemanusiaan yang disponsori oleh Gereja Yesus Kristus Dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.